Apakah Anda seorang peserta?

Fasilitasi Virtual: Bagaimana Orang di Belakang Kartu Fasilitator Mengalahkan 'Kelelahan Zoom' dengan AhaSlides

Fasilitasi Virtual: Bagaimana Orang di Belakang Kartu Fasilitator Mengalahkan 'Kelelahan Zoom' dengan AhaSlides

Kerja

Lawrence Haywood 14 Oktober 2022 4 min merah

Ingatkah Anda saat rapat Zoom masih baru, segar, dan sangat mengasyikkan? Jika tidak, itu mungkin karena Anda sudah memilikinya sekitar 300 dalam beberapa bulan terakhir. Tuntutan sehari-hari akan fasilitasi virtual melalui Zoom telah melelahkan populasi pekerja, namun Kartu Fasilitator menemukan solusi sederhana.

Kartu Fasilitator adalah a setumpuk 60 kartu, masing-masing tahan air dan ramah penanda, yang memungkinkan pengguna memfasilitasi pertemuan dan bertukar pikiran secara efektif. Pada intinya, Kartu Fasilitator adalah alat untuk perencanaan fasilitasi, menanggapi kebutuhan kelompok Anda, berimprovisasi saat hal yang tidak terduga terjadi, dan menyamakan pendapat dengan rekan fasilitator.

Karena semakin banyak interaksi semacam itu terjadi di ranah online, fasilitas virtual menjadi semakin penting. Rekan fasilitator lama di belakang Kartu Fasilitator, Meg Bolger dan Sam Killermann, menemukan bahwa alat seperti AhaSlides menghirup udara segar dan digital dalam rapat online mereka.

Bagaimana AhaSlides Membantu Fasilitasi Virtual?

Di episode kedua di Selai Otak seri, Kartu Fasilitator melihat seberapa kondusif bekerja dengan AhaSlides sesi fasilitasi virtual yang hebat. Lihat video mereka di bawah ini untuk melihat bagaimana mereka menggunakannya dan hal-hal apa yang mereka temukan.

Kartu Fasilitator juga merangkum pertemuan mereka di blog mereka - Menggunakan AhaSlides untuk Fasilitasi Virtual: Mengalengkan Kemacetan Otak. Mari kita lihat beberapa temuan utama mereka:

5 Cara AhaSlides Membantu dalam Fasilitasi Virtual

  1. Menggunakan slide sorotan (slide yang meminta peserta untuk memilih antara lampu merah, oranye, dan hijau) dapat dengan mudah mengukur kesiapan peserta dan membantu mengatur kecepatan presentasi. Mereka juga membantu memeriksa pemahaman topik tertentu setelah dibahas.
  2. Menggunakan slide terbuka dengan emoji memberi kesempatan kepada peserta untuk secara bebas mengungkapkan rencana dan pendapat dengan cara yang menyenangkan. Selama Selai Otak, fasilitator menggunakan slide ini untuk mendapatkan janji partisipasi dengan cara yang “sedikit lebih mulus daripada yang biasanya terjadi secara langsung”.
  3. Menggunakan slide dengan anonimitas membantu menjawab pertanyaan yang mungkin sedikit terlalu pribadi dalam tatanan tatap muka. Seorang fasilitator tidak akan pernah (atau setidaknya, pasti harus jangan pernah) meminta grup langsung untuk mengungkapkan orientasi seksual mereka, dan mungkin mengharapkan rasio jawaban 0% jika mereka melakukannya. Selai Otak mengungkapkan bahwa menambahkan anonimitas ke pertanyaan tepat ini selama fasilitasi virtual mendapat tingkat jawaban 100%.
  4. Menggunakan opsi menghilang adalah cara yang bagus untuk mempersempit hasil dari konsensus yang luas. Fasilitator virtual dapat mengajukan pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda, kemudian menghilangkan jawaban yang paling tidak populer, menggandakan slide, dan mengajukan pertanyaan yang sama lagi dengan satu jawaban yang lebih sedikit. Melakukan ini berulang kali, dan menyembunyikan suara untuk mencegah ikut-ikutan, dapat membawa hasil yang mengejutkan.
  5. Menggunakan tipe slide Tanya Jawab adalah cara terbaik untuk mendorong peserta mengatur agenda pertemuan virtual. Slide berujung terbuka ini tidak hanya mengizinkan semua orang untuk mengusulkan topik, tetapi fitur 'jempol' juga memungkinkan mereka memberikan suara pada topik yang diusulkan yang paling ingin mereka diskusikan.

Hal Penting untuk Fasilitator Virtual

Ketika Kartu Fasilitator meminta audiens mereka menyebutkan apa yang paling ingin mereka dapatkan dari mereka Selai Otak sesi, pemenang tempat pertama yang jelas, dengan 41%, adalah Bagaimana meningkatkan kesenangan dan merendahkan perasaan "panggilan Zoom lain". Setelah berbulan-bulan terkunci, dapat dimengerti bahwa rapat Zoom menjadi sedikit basi dan membutuhkan suntikan semangat.

Fasilitasi virtual menampilkan grafik yang menunjukkan apa yang paling diinginkan orang dari rapat virtual.
Hasil polling Kartu Fasilitator terkait topik apa yang menjadi fokus sesi Brain Jam.

Grafik Selai Otak sesi menemukan bahwa AhaSlides adalah cara terbaik untuk mengelola injeksi ini. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat lunak mendapatkan dukungan yang sama di antara fasilitator dan peserta, membuat fasilitasi virtual dan partisipasi virtual menjadi interaktif, produktif, dan yang terpenting, menyenangkan.

Apa yang benar-benar mulai bersinar, dan dikomentari beberapa kali selama Brain Jam, adalah seberapa banyak kesenangan ini adalah menggunakan AhaSlides untuk mengumpulkan semua jenis masukan: dari saran dan ide kreatif, hingga bagian emosional dan pengungkapan pribadi, hingga klarifikasi dan proses atau pemahaman kelompok.

Sam Killermann - Kartu Fasilitator

Cara Hebat untuk Memadukan Fasilitasi Tatap Muka dan Virtual

Orang-orang menggabungkan fasilitasi virtual dengan pertemuan tatap muka.
Rapat semakin menjadi virtual seperti halnya pertemuan langsung.

Pada titik tertentu, ketika kita semua kembali ke kantor, dapat dikatakan bahwa waktu akan berubah. Fasilitasi virtual kemungkinan akan tetap menjadi perlengkapan di banyak tempat kerja , tetapi itu tentu saja tidak berarti kami mengabaikan pertemuan tatap muka. Cara terbaik untuk memfasilitasi adalah menggabungkan keduanya.

Untuk itu, campuran Kartu AhaSlides dan Fasilitator bisa menjadi strategi yang sempurna. Kedua solusi fasilitasi fokus pada membuat pertemuan menarik dan produktif dengan menggunakan visual yang jelas, jajak pendapat langsung dan aktivitas out-of-the-box.

Karena semakin banyak tempat kerja yang mau tidak mau mulai bereksperimen dengan pekerjaan jarak jauh bersamaan dengan pekerjaan di kantor, kami sebagai fasilitator akan membutuhkan cara untuk terlibat dengan peserta kami di kedua pengaturan.

Kartu Fasilitator bekerja dengan sangat baik dalam pengaturan kelompok langsung. Mereka memiliki banyak kesamaan dengan AhaSlides dalam hal keterbukaan, pemungutan suara, dan berbagai aktivitas. Faktanya, mereka saling memuji dengan cukup baik. Saya pribadi menemukan kombinasi alat online dan alat fisik ini sangat menarik dan menginspirasi.

Dave Bui - CEO AhaSlides

PENGUNGKAPAN: Entri blog ini tidak disponsori atau berafiliasi dengan Kartu Fasilitator dengan cara apa pun. Kami menghargai bahwa Kartu Fasilitator telah membuat postingan yang sangat bagus tentang penggunaan AhaSlides dan kami pikir pengguna lain mungkin mendapat manfaat dari mempelajarinya.